Lomba Menulis Sinopsis Cerpen untuk Siswa SMP/MTs se-Kalimantan Selatan

menulis sinopsisDalam rangka Bulan Bahasa, Balai Bahasa Kalimantan Selatan mengadakan acara Festival Literasi Komunitas Baca sehingga  pada tanggal 25 Oktober 2017 diadakan Kegiatan Lomba Menulis Sinopsis Cerita Pendek untuk siswa SMP/MTs se-Kalimantan Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kebiasaan membaca dan menulis, memperkenalkan cerpenis lokal, memotivasi para generasi muda untuk membaca karya sastra, serta mendorong para pendidik dan generasi muda untuk memiliki minat baca dan menulis.

Lomba Menulis Sinopsis Cerita Pendek ini diikuti oleh 100 siswa dari berbagai kabupaten di wilayah Kalimantan Selatan. Lomba digelar di aula Balai Bahasa Kalimantan Selatan. Kriteria penilaian sinopsis kali ini meliputi keutuhan cerita (unsur instrinsik), bahasa (EYD, pilihan kata, penggunaan kalimat, dan paragraf), serta teknik penulisan.

Lomba dilaksanakan selama dua jam dengan rincian: 30 menit membaca cerpen dan 1,5 jam menulis sinopsis. Cerpen yang dijadikan bahan lomba merupakan cerpen karya Murdiati dari SMA Barabai yang menang dalam Lomba Penulisan Cerpen Tingkat SLTA pada tahun 2015.

Dalam Lomba Menulis Sinopsis Cerpen kali ini yang menjadi pemenang adalah sebagai berikut:

  1. Nur Elvina (SMP Darul Hijrah Puteri)
  2. Dwita Rajwa Roosyida (SMPIT Qardhan Hasanah)
  3. Fikry Hidayatullah (SMP 5 Banjarmasin)
  4. Tirta Rizky Ramadhini (SMP 5 Banjarmasin)
  5. Alfy Dhia Teja R. (SMP Darul Hijrah Puteri)
  6. Khairunnisa (SMPN 4 Aluh-Aluh)

SELAMAT KEPADA PARA PEMENANG.

(sitialfaariestya)