Bimtek Penulisan Buku Cerita Anak Tingkat Dasar

bimtek penulisan bukuBANJARMASIN – Bimtek Penulisan Buku Cerita Anak Tingkat Dasar merupakan kegiatan literasi perdana yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan. Dua puluh tujuh peserta dari Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar diundang untuk mengikuti kegiatan  tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberi bimbingan teknis kepada peserta untuk bisa menyusun bahan bacaan berupa buku cerita anak tingkat dasar. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan Balai Bahasa Kalimantan Selatan terhadap Gerakan Literasi Nasional yang digalakkan oleh pemerintah.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, yakni Minggu–Selasa, tanggal 21—23 Januari 2018 di Hotel Roditha, Banjarmasin. Narasumber pada kegiatan ini sebanyak dua orang dan berasal dari Balai Bahasa Kalimantan Selatan, yakni: Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum. dan Jahdiah, M.Pd.

Jahdiah, M.Pd. yang merupakan salah satu penulis buku cerita anak yang diadakan oleh Badan Bahasa dalam gerakan Literasi Nasional tahun 2016 berbagi pengalamannya pada guru SD, guru SMP, pegawai LPMP, pegawai BBKS dan anggota komunitas sastra yang menjadi peserta pada kegiatan tersebut. Sedangkan, Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum. memberi materi dan latihan yang meminta para peserta, yang merupakan calon penulis buku cerita anak, untuk melihat sebuah tulisan dari kacamata si anak dan kelayakan sebuah cerita dikonsumsi anak SD apabila dilihat dari kisi-kisi keterbacaan bahan literasi.

Peserta memberi tanggapan positif dan berpendapat bahwa kegiatan ini menambah pengetahuan, wawasan, dan pengalaman. Bahkan ada yang tergugah kembali untuk mengasah keterampilan menulis yang telah tumpul. Acara ini dapat dikatakan sukses. Di ujung acara, tak sedikit peserta yang berharap untuk diundang kembali dalam kegiatan mendatang yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

 

(nidya triastuti patricia)