Kisah Datu Pemberani

Kisah Datu PemberaniKisah Datu Pemberani termasuk salah satu sastra lisan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Cerita ini diolah berdasarkan penuturan informan yang dituturkan secara lisan dengan beberapa tambahan untuk menambah efek sebuah cerita sesuai dengan keperluan agar cerita yang disajikan menjadi menarik.

Cerita ini menceritakan tokoh Datu Pemberani yang berjuang membela tanah kelahiran. Alur cerita tidak hanya menceritakan tokoh Datu Pemberani, tetapi juga anak-anak beliau yang meneruskan perjuangan orang tua mereka mengusir Belanda dari banua. Kisah Datu Pemberani berisi perjuangan seorang tokoh yang membela tanah air ketika Belanda ingin menguasai bumi pertiwi Kalimantan Selatan. Perjuangan sang tokoh dilanjutkan oleh anak-anaknya dengan semangat kerja sama, kekeluargaan, dan pantang menyerah kepada Belanda. Semangat membela tanah air sangat ditonjolkan dalam cerita ini agar generasi muda meneladani sifat dari tokoh yang ada dalam cerita ini.

Cerita ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat dibaca dan dipahami oleh anak-anak mulai usia sekolah dasar.

Semoga buku cerita ini tidak hanya bermanfaat sebagai bahan bacaan bagi siswa dan masyarakat untuk menumbuhkan budaya literasi melalui program Gerakan Literasi Nasional, tetapi juga bermanfaat sebagai bahan pengayaan pengetahuan kita tentang kehidupan masa lalu yang dapat dimanfaatkan dalam menyikapi perkembangan kehidupan masa kini dan masa depan.

Buku cerita rakyat Kisah Datu Pemberani ini dapat dibaca dan diunduh di sini.

Untuk mendapatkan buku-buku cetak/digital kami, silakan hubungi atau kunjungi Balai Bahasa Kalimantan Selatan.

 

(edwin)