Rencana Strategis Balai Bahasa Provinsi Kalsel 2020–2024

BANJARBARU — Dalam rangka mempertegas jati diri bangsa Indonesia, penyusunan rencana strategis kebahasaan dan kesastraan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan 2020—2024 mengacu kepada kebijakan pengembangan bahasa dan sastra Indonesia dan daerah yang hidup dan mendapat dukungan keragaman budaya dan keragaman etnik sehingga bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang berperadaban maju dengan identitas kebangsaan yang semakin kuat.

Perencanaan dan pengembangan program kerja kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah perlu diarahkan pada program kerja yang terkait langsung dengan upaya pembinaan jati diri bangsa. agama, budaya, dan etika dijadikan sebagai modal dasar dalam penyusunan rencana strategis, sehingga pemasyarakatan bahasa dan sastra dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat dan sekaligus dijadikan tolok ukur keberhasilan pelestarian budaya di bidang kebahasaan dan kesastraan.

Melalui rencana strategis kebahasaan dan kesastraan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2020—2024 ini, kiranya dapat meningkatkan pelaksanaan pemerintahan di bidang kebahasaan dan kesastraan yang lebih berdaya guna, berhasil guna, dan bertanggung jawab. Untuk itu, tentu diperlukan kerja sama dan peran serta semua pihak, termasuk pemerintah kabupaten/kota yang berkaitan dengan teknis kebahasaan dan kesastraan.

Rencana strategis kebahasaan dan kesastraan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan 2020—2024 dapat dilihat dan diunduh pada tautan ini.

(edwin)