Bengkel Sastra di Kabupaten Tabalong

Tanjung — Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan kembali mengadakan kegiatan Bengkel Sastra Daring Penulisan Cerita Pendek bagi Siswa SMP dan MTs di Kabupaten Tabalong, pada Selasa dan Rabu, 15 dan 16 Maret 2022.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk tatap muka dan secara virtual melalui ruang zoom. Pertemuan semuka bertempat di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tabalong, diikuti oleh sejumlah siswa-siswi SMP dan MTs di Kabupaten Tabalong.

Secara resmi, kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Tabalong, Herwandi, dan dihadiri secara virtual oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Luthfi Baihaqi. Dalam sambutannya, Herwandi sangat mengapresiasi kegiatan Bengkel Sastra ini dan berharap dapat menjadi motivasi awal bagi tumbuhnya calon-calon penulis cerpen dari Kabupaten Tabalong. Melalui ruang zoom, Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Luthfi Baihaqi juga menyampaikan bahwa sepuluh cerita pendek terbaik yang dihasilkan peserta kegiatan ini akan dipublikasikan melalui aplikasi #bacasastra milik Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang penulis dari Kabupaten Tabalong, yakni Gusti Indra Setyawan dan Masdulhak Abdi. Para peserta mendapatkan materi mengenai proses kreatif dan bimbingan penulisan cerpen dari kedua narasumber. Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan juga memberikan buku-buku bacaan gratis sebagai bentuk motivasi literasi bagi peserta yang aktif selama kegiatan. Kegiatan di Tabalong ini menjadi penutup rangkaian kegiatan Bengkel Sastra secara daring yang sebelumnya telah dilaksanakan di berbagai kabupaten lainnya.

(lel)