Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda di Daerah 3T di Kabupaten Kotabaru

KOTABARU — Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda di Daerah 3T di Kabupaten Kotabaru pada 20 dan 21 Juli 2022.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Koordinator KKLP Literasi Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, mewakili Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, ini bertempat di SDN 3 Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Desa Sungai Kupang dan Kepala SDN 3 Sungai Kupang.

Koordinator KKLP Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Musdalipah, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian program prioritas nasional dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang juga dilaksanakan di provinsi lainnya di Indonesia. Disampaikan pula, tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan dan menggiatkan budaya enam literasi dasar kepada generasi muda di daerah terpinggir dalam hal akses pendidikan, termasuk di Desa Sungai Kupang ini.

“Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa saat ini tengah menggalakkan program prioritasnya di seluruh Indonesia, yaitu literasi, pemartabatan bahasa negara, dan revitalisasi bahasa dan sastra daerah.
Kegiatan Pembinaan Literasi bagi Generasi Muda ini adalah bagian dari program literasi. Kegiatan ini penting untuk penguatan karakter anak bangsa. Melalui literasi, kita berharap anak-anak ini kelak menjadi pemimpin berkarakter mulia,” jelas Musda.

Sementara itu, dalam sambutannya, Plt. Kepala Desa Sungai Kupang, Abdul Kadir, menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini baru pertama kali diadakan di desa ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan karena memilih desa kami sebagai lokasi kegiatan ini.
Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga anak-anak di desa ini memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak lainnya di luar sana,” sambut Kadir.

Kegiatan dari program KKLP Literasi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ini merupakan kegiatan kelima belas atau terakhir dari kegiatan sejenis yang diadakan di seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Narasumber kegiatan ini adalah dua orang Abdi Bahasa dari Duta Bahasa Kalimantan Selatan, yakni Dwi Rahayu dan Qomaruzzaman.

Sementara itu, peserta kegiatan ini adalah empat puluh orang anak usia SD di hari pertama dan empat puluh orang anak usia PAUD di hari kedua. Peserta mendapat suvenir berupa buku cerita, buku mewarna, buku gambar, dan krayon sebagai pemantik agar giat berliterasi. Selama berkegiatan, peserta tampak semangat dan ceria mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Pada kesempatan ini, kegiatan berlangsung di dua lokasi berbeda setiap harinya.
Hari pertama berlokasi di SDN 3 Sungai Kupang dan hari kedua berlangsung di TK Negeri Pembina Sungai Kupang.

Peserta mendapat materi pengenalan enam literasi dasar. Yaitu (1) literasi dasar baca-tulis, (2) literasi dasar numerasi, (3) literasi dasar sains, (4) literasi dasar finansial, (5) literasi dasar digital, serta (6) literasi dasar budaya dan kewargaan. Penyampaian materi dilakukan dengan cara yang menyenangkan, yakni bermain sambil belajar.

 

(mus)