Kamus Dwibahasa Bakumpai-Indonesia

bakumpaiBahasa Bakumpai merupakan salah satu subbahasa (Dayak) Ngaju. Bahasa ini dituturkan oleh masyarakat Bakumpai yang bermukim di sepanjang aliran Sungai Barito. Secara administrasi kependudukan masyarakat Bakumpai berada di dua provinsi yang berbeda, Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Di Kalimantan Selatan mereka masuk ke dalam wilayah Kabupaten Barito Kuala yang beribu kota di Marabahan.

Sebagai bagian dari kekayaan bahasa daerah yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, bahasa Bakumpai perlu didokumentasikan. Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan sebagai salah satu instansi yang bergerak di bidang kebahasaan dan kesastraan melakukan sejumlah upaya dalam rangka pendokumentasian tersebut, salah satunya ialah penyusunan Kamus Dwibahasa Bakumpai-Indonesia ini. Pendokumentasian dalam sebuah Kamus Dwibahasa Bakumpai-Indonesia ini merupakan upaya dalam pemertahanan bahasa Bakumpai.

Pengumpulan data Kamus Dwibahasa Bakumpai-Indonesia ini telah dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2021 dan tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2022. Sejak awal penyusunannya, kamus ini telah direncanakan akan disajikan dalam bentuk kamus dwibahasa. Jadi, setiap entri yang disajikan diupayakan dalam bentuk padanan, baik bentuk dasar maupun turunannya setelah mengalami proses afiksasi. Demikian pula contoh kalimat, disajikan kalimat berbahasa Bakumpai dan disertai padanan kalimatnya dalam bahasa Indonesia.

Kamus ini memuat entri-entri yang berupa lema dan sublema. Entri-entri tersebut disusun secara berurutan disertai dengan contoh pemakaiannya dalam kalimat sederhana yang memudahkan penutur pemula untuk mempelajari bahasa Bakumpai.

Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berperan serta dalam penyusunan kamus ini. Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam kamus ini masih terdapat berbagai kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dari masyarakat pemakai demi kesempurnaan kamus ini pada masa yang akan datang.

Kamus Dwibahasa Bakumpai-Indonesia ini dapat dibaca dan diunduh di sini.

Untuk mendapatkan buku-buku cetak/digital kami, silakan hubungi atau kunjungi Balai Bahasa Kalimantan Selatan.