Putus Tali Gasing

putus tali gasingPutus Tali Gasing karya Sairaji ini adalah satu dari sejumlah buku cerita anak dwibahasa yang disiapkan untuk menunjang pemenuhan buku bacaan bahasa daerah dan Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

Buku cerita ini berbasis sains, teknologi, teknik, dan matematika serta kearifan lokal. Buku cerita dwibahasa ini diterjemahkan dan ditelaah oleh berbagai pihak.

Buku ini hadir untuk menambah ilmu dan memperluas wawasan anak-anak Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

SINOPSIS

Adul dan kakeknya yang sudah tua tinggal di rumah kayu yang terletak di lereng Gunung Meratus. Tidak lama, ada temannya yang datang berkunjung. Namanya adalah Mala. Adul sangat senang Mala datang berkunjung. Mereka saling menyapa dan Mala menginap di rumahnya. Adul dan Mala bangun kesiangan, karena tidur larut malam. Sayup-sayup terdengar suara ramai di samping rumah. Mereka segera keluar rumah, kemudian ikut bermain gasing. Walaupun lama tinggal di kota, ternyata Mala masih hebat bermain gasing. Adul dan Mala beradu gasing. Saat sedang bermain, tali gasing Mala putus. Adul dan Mala bergegas mencari daun nanas di hutan untuk membuat tali gasing. Mala minta tolong diajari oleh kakeknya Adul membuat tali gasing. Tali gasing Mala sudah selesai dan bisa dimainkan.

Buku cerita berjudul Putus Tali Gasing ini dapat dibaca diĀ sini.